Jumat, 19 September 2014

Kleyang Jurang

Sore ini, alhamdulillah, akhirnya bisa juga mengajaknya ke Kleyang Jurang. Sebuah dusun yang bagiku sangat istimewa. Hampir seluruh penduduk dewasanya menjadi donor darah sukarela. Pekerjaan mereka tani dan pembantu rumah tangga. Motto "totalitas tanpa batas untuk kemanusiaan" ada di dusun ini. 

Pertama kali aku menginjakkan kaki di Kleyang Jurang, hatiku terpaku tak bisa berpaling. Apalagi saat bertemu dengan salah seorang dari mereka, seorang tuna netra yang telah lebih lima puluh kali donor. Diri ini seketika sangat malu. Sejak saat itulah, aku bertekad ingin mengajaknya ke dusun ini. Sebuah dusun yang sangat istimewa. Sebuah dusun yang sangat bersahaja, tetapi menyimpan banyak potensi yang luar biasa.

Bertemu para donor darah sukarela selalu menjadikan segala sesuatu sangat istimewa. Menyebabkan diri ini semakin belum ada arti. Membuat jiwa ini kian gelisah. Kepala selalu menjadi penuh akan cerita sekaligus harapan yang melambung laksana balon udara yang membubung tinggi dengan liar.

Aku sangat berharap banyak padanya. Beberapa kali kesempatan selalu lolos. Padahal aku ingin dia melihat langsung, mendatangi mereka para donor darah sukarela. Mendatangi akan mempunyai dampak yang berbeda dengan bila didatangi. Dan itu aku buktikan sore ini.

Dia pulang dengan banyak pekerjaan rumah. Dia pulang dengan membawa fakta di lapangan. Dia pulang dengan menggenggam harapan banyak orang. Dan bagiku, dia pulang dengan mengikiskan sebagian rasa gelisahku, juga sebersit rasa syukur bahwa semoga kelak di akhirat aku dapat menjawab pertanyaan Tuhanku bila ditanya tentang dia. Aku telah pernah mengajaknya jalan, melihat langsung amanah yang diembannya.

Ini baru sepotong perjalanan kecil, sahabatku. Sebuah kepingan mozaik dalam hidup amanahmu. Masih tersimpan sisa perjalanan lain, yang lebih berwarna. Dan aku dengan senang akan mengajakmu menyusuri perjalanan itu. Aku tidak peduli apakah dirimu senang atau terpaksa menikmati perjalanan kita. Kita baru memulai perjalanan itu, sahabat, dari sini.... Kleyang Jurang, Dusun Donor Darah Sukarela.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar